semoga blog ini bisa bermamfaat buat kita, dan banyak info menarik tentang yang ada di dunia ini .

Sabtu, 17 Desember 2011

Mitos Pegasus dan Chimera

The Story of Pegasus And Chimera

Ketika Perseus memotong leher Medusa, darahnya jatuh dan meresap ke bumi melahirkan kuda bersayap Pegasus. Pegasus merupakan anak dari dewa laut Neptune (Poseidon) dgn Gorgon Medusa yg berkepala ular (medusa tadinya berwujud cewek cakep cuman kemudian gara-gara ML 'ma Neptune di kuilnya Minerva doski dikutuk jadi menyeramkan). Minerva (Athena) menangkap dan menjinakkannya dan membawanya ke para Muses. Mata air Hippocrene, di Pegunungan Helicon tempat para Muses, dibuka dgn sebuah tendangan dari kuku pegasus.



Chimera merupakan monster menakutkan, yg bisa menyemburkan api. Bagian atas badannya merupakan gabungan dari singa dan kambing betina, dan bagian belakangnya merupakan bagian dari naga. Ia membuat kehancuran di Lycia (suatu daerah di Asia minor), shg raja Iobates mencari pahlawan untuk bisa membunuhnya. Pada saat itulah Bellerophon (prince of Corinth) muncul. Ia membawa surat dari Proetus, anak mantu dari Iobates, yg merekomendasikan Bellerophon sbg seorang pahlawan yg tdk terkalahkan, namun diakhir surat dituliskan bhw ia (Proetus) meminta ayah mertuanya untuk membuat Bellerophon mati. Hal ini disebabkan karena Proetus merasa cemburu kpdnya, ia curiga istrinya Antea terlalu mengagumi Bellerophon. Dari keadaan bhw Bellerophon tdk sadar akan adanya bahaya yg mengancam, ekspresi "Bellerophontic Letters" muncul, untuk menggambarkan bentuk komunikasi yg berisi hal yg merugikan bagi org yg dituju namun org yg dituju tdk menyadarinya (like Bellerophon).

Iobates, pd saat membaca surat tsb, bertanya2 akan apa yg akan dilakukannya, ia tdk ingin bersikap tdk ramah thd tamunya namun juga berkewajiban untuk memenuhi permintaan anak mantunya. Akhirnya ia berpikir untuk mengirimkan Bellerophon bertarung dgn Chimera. Bellerophon menerima hal tsb, namun sebelumya ia berkonsultasi dgn ahli nujum Polyidus, yg menasihatinya untuk membawa Pegasus pada pertarungan tsb, untuk itu Polyidus menasihatinya untuk bermalam di kuil Minerva. Ia melakukannya, dan saat ia tidur Minerva datang kepadanya dan memberikannya sebuah tali kekang emas. Saat ia terbangun, tali kekang tsb masih ada ditangannya. Minerva juga menunjukkan padanya Pagasus yg sedang mmunum di sumur Pirene, dan pd saat Pegasus melihat tali kekang itu, ia datang mendekat dgn sukarela dan meyerahkan dirinya untuk dikerndarai Bellerophon. Bellerophon lalu menungganginya dan terbang mencari Chimera, setelah menemukannya pertarungan terjadi dan ia bisa menang mudah dengan melempar lembing berujung timah sehingga Chimera mati tercekik (kan timahnya lumer karena api yg disemburkannya & kemudian menutup lubang pernafasannya).
Setelah mengalahkan Chimera, Bellerophon masih disuruh untuk menjalani berbagai ujian dan pekerjaan oleh Iobates diantaranya bertarung melawan Solymi dan Amazons, namun bantuan Pegasus membuat ia dpt memenangkan semuanya hingga akhirnya Iobates melihat kalau Bellerophon merupakan fave khusus dari pada dewa/dewi memberikan putrinya untuk menikah dgn Bellerophon dan menjadikan Bellerophon sbg penerus tahtanya. Pd akhirnya Bellerophon karena kebanggaannya membuat para dewa/dewi marah; Ia bahkan mencoba terbang ke tempat Mount Olympus dgn Pegasus, namun Jupiter (Zeus) mengirimkan lalat ternak yg menyengat Pegasus sehingga Bellerophon terlempar darinya, dan kemudian menjadi pincang dan buta. Setelah itu Bellerophon mengembara seorang diri melewati dataran Aleian menghindari manusia dan kemudian mati dlm keadaan yg menyedihkan. Pegasus sendiri kemudian diadopsi oleh Jupiter (Zeus) ditempatkan di kandang Olympian dan dipercaya Jupiter untuk membawa Lightning dan Thunderbolts-nya.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar